Jumat, 13 Januari 2012

Kisi-kisi Ujian Nasional -Bahasa Indonesia-SD/MI 2012


KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI

1.  BAHASA INDONESIA SD/MI

NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumumsn, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama anak.
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa)
membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf
menentukan ide pokok salah satu paragraf
menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.
Disajikan gambar kemasan obat yang terdapat
petunjuk pemakaiannya, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang
diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat
menentukan kalimat saran dengan tepat.
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat
menentukan isinya.
Disajikan teks drama, siswa dapat:
menentukan tokoh utama
menentukan latar
menentukan amanatnya.
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa
dapat menentukan kalimat utamanya.
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan
isinya.
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:
menentukan makna yang terkait di dalamnya
mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.
Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam paragraf.
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasi
yang disajikan.
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai ilustrasi
yang disajikan.
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang
terkandung di dalamnya.
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan
persamaannya
Disajikan jadwal perjalanan beberapa nama kereta api
berbagai jurusan, siswa dapat:
membuat pernyataan sesuai isi jadwal
menentukan kereta tertentu yang berangkat/datang lebih cepat/lambat sesusi isi jadwal



NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR


Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud
yang terkandung di dalamnya.
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat
menyimpulkan isinya.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
menentukan isinya
memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat
menentukan topiknya.
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:
menentukan ringkasannya
menentukan temanya
menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
menentukan parafrase yang tepat
menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
2.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun
Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak,
siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.
Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat.
Disajikan kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi dengan kata gabung yang tepat.
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum
lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat
yang disajikan.
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap,
siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang tepat.
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang
belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Disajikan formulir dan data isian, siswa dapat
melengkapi formulir sesuai dengan data yang disajikan.
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa
dapat:
melengkapi dengan kalimat yang tepat
memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata
yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan
ejaan yang salah.
Disajikan data, siswa dapat menentukan kalimat
laporan sesuai data.

NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR


Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap di
bagian isi, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun
sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi
dengan kalimat yang tepat.


0 komentar:

Poskan Komentar