Jumat, 13 Januari 2012

Kisi-kisi Ujian Nasional-Matematika-SD/MI 2012


KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI

2.  MATEMATIKA  SD/MI

NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Memahami konsep dan operasi
hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran
bilangan cacah.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan operasi hitung campuran bilangan cacah.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran
bilangan bulat.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian
dan pembagian berbagai bentuk pecahan.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan skala atau perbandingan lainnya.
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan
dari besar ke kecil atau sebaliknya.
Disajikan dua buah bilangan, siswa dapat menentukan
KPK atau FPB dalam bentuk faktorisasinya.
Disajikan tiga buah bilangan dua angka, siswa dapat
menentukan FPB atau KPK-nya.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan KPK.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan FPB.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua.
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat
tiga dari suatu bilangan pangkat tiga.
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penarikan akar pangkat tiga.
2.
Memahami konsep ukuran dan
pengukuran berat, panjang, luas dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan
pengurangan ukuran waktu dengan satuan yang berbeda atau ukuran panjang satuan panjang yang berbeda yang disajikan dalam soal cerita sederhana.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan
dengan satuan debit atau satuan volum.
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan ukuran berat atau satuan luas.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
3.
Memahami konsep, sifat dan unsur-
unsur bangun geometri dapat menghitung besar-besaran yang terkait dengan bangun geometri (2D/3D) memahami konsep transformasi bangun datar, serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari
beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya.
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar
suatu bangun datar yang disajikan.
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada
bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau rusuk).
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama
dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan.



NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR


Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun
ruang.
Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang
ditentukan siswa dapat menghitung luasnya.
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari
dua bangun datar sederhana.
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal
setengah lingkaran).
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan volum kubus atau balok.
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari
suatu gambar yang ukurannya diketahui.
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu
gambar tabung yang ukurannya diketahui.
4.
Memahami konsep koordinat untuk
menentukan letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa
dapat menentukan koordinat salah satu titik.
5.
Memahami konsep pengumpulan
data penyajian data dengan tabel dan grafik mengurutkan data rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar
diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah selisih, dll).
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram
lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu).
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang
disajikan dalam bentuk tabel.
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang
disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan
data (rentang banyak data 6 – 10 data).
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data
berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data).
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data
berbentuk diagram batang.
Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan
data tunggal yang disajikan.
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang
disajikan dalam bentuk soal cerita.
Siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah dari
data yang disajikan.

0 komentar:

Posting Komentar