Melatih
Ketrampilan Menulis
Evidence
Abu Kohir, S.Pd., M.MPd |
Berangkat dari permasalahn ini maka menurut penulis perlu kiranya
dilakukan oleh guru, kepala sekolah dan juga termasuk pengawas sekolah berlatih
bagaimana meningkatkan ketrampilan menulis evidence sebagaimana tuntutan dari
PK Guru bahwa penilaian ini adalah suatu sistem penilaian kinerja yang berbasis
bukti (evidence‐based appraisal)
Dengan difasilitasi oleh Ketua KKPS penulis dan
pengawas sekolah yang lain mencoba mengembangkan ketrampilan menulis evidence.
Adapun pengembangan ketrampilan tersebut beranjak dari petunjuk yang telah
dibuat dalam buku 2. Berdasarkan petunjuk itu tim mencoba menaksirkan evidence
apa yang diperkirakan muncul. Evidence-evidence tersebut tentu saja hanya
sekedar perkiraan yang tidak mesti muncul pada pengamatan sesungguhnya. Namun
demikian, penulis yakin bahwa dengan contoh evidence calon penilai akan
memiliki gambaran seperti apa evidence yang akan muncul pada pengamatan
sebenarnya di masing-masing kompetensi (14 kompeten untuk guru kelas/mata
pelajaran dan 17 kompetensi untuk guru BP).
Kompetensi 1 : Mengenal karakteristik peserta didik
Jenis dan cara menilai : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan dan
Pemantauan)
Pernyataan : Guru mencatat dan menggunakan informasi
tentang karakteristik peserta didik untuk membantu proses pembelajaran. Karakteristik ini
terkait dengan aspek fisik intelektual, sosial emosional, moral, dan latar
belakang sosial budaya.
Indikator
|
1. Guru
dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di
kelasnya.
2. Guru
memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk
berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
3. Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada
semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
4. Guru
mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk
mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
5. Guru
membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
6. Guru memperhatikan peserta didik dengan
kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran,
sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan,
diolok‐olok, minder, dsb).
|
Proses Penilaian
|
||
Sebelum pengamatan
|
||
No
|
Petunjuk pengamatan
|
Evidence yang ditafsirkan akan muncul
|
1.
|
Mintalah daftar nama peserta didik.
1.1 Pilihlah
4 (empat) nama peserta didik secara random. Tanyakan bagaimana kemampuan belajar keempat peserta didik tersebut.
Mintalah bukti hasil ulangan terakhir keempat peserta didik tersebut.
|
1.1.1. Guru hafal
kemampuan belajar dari keempat peserta didik
1.1.2. Guru
memiliki data ulangan peserta didik lengkap dari seluruh peserta didik
1.1.3. Guru
memiliki catatan kepribadian peserta didik (prestasi)
|
1.2 Pilihlah
4 (empat) nama peserta didik lain. Tanyakan bagaimana karakteristik keempat
peserta didik tersebut (aktif, pendiam, pemalu, ceria, dsb.).
|
1.2.1. guru
memiliki data peserta didik yang aktif, pendiam, pemalu, ceria, dsb)
1.2.2. Guru
mengenal peserta didik yang aktif, pendiam, pemalu, ceria, dsb).
1.2.3. Guru
hanya mengenal peserta didik yang aktif saja
1.2.4.
|
|
2.
|
Mintalah guru untuk memilih satu nama peserta didik dengan karakteristik
teretntu (misalnya aspek intelektual).
Tanyakan bagaimana cara membantu mengembangkan potensinya tersebut.
|
2.1. guru memilih satu nama peserta didik, nama X
2.2. Guru
membantu X yang memiliki kelemahan
belajar dengan cara bimbingan individu
|
3.
|
Mintalah guru memilih satu nama peserta
didik dengan kekurangan tertentu (misalnya aspek sosial).
Tanyakan bagaimana cara membantu peserta didik tersebut untuk mengatasi
kelemahannya
|
3.1. Guru
membantu peserta didik yang terisolir dengan cara pribadi (BP)
3.2. Guru
membantu peserta didik yang ... dengan cara ...
3.3. Guru
melakukan bimbingan pribadi untuk membantu mengatasi peserta didik yang
memiliki kelainan hiperaktif
|
4.
|
Tanyakan kepada guru, apakah di kelas
ada peserta didik yang mempunyai kelainan fisik
tertentu. Bila ada, bagaimana cara memastikan bahwa peserta didik tersebut
dapat belajar dengan baik.
|
4.1. Guru
menempatkan di depan dan lebih banyak memberikan bantuan secara tertulis terhadap
anak yang memiliki kelainan pendengaran kurang.
4.1. Guru
menempatkan di depan terhadap anak yang memiliki kelainan penglihatan kurang
(rabun jauh).
4.2. 4.3.
..........yang pendek ..........
|
5.
|
Tanyakan kepada guru, apakah baru‐baru
ini ada kejadian luar biasa dalam keluarga
peserta didik
(kelahiran, kematian, sedang ada yang
sakit, dsb.). Tanyakan apakah hal tersebut berdampak terhadap pembelajaran
peserta didik yang bersangkutan, dan bagaimana mengatasinya.
|
5.1. Guru
mengatasi kejadian luar biasa (ada keluarga kematian) memotivasi, memberi
nasihat agar selalu tabah karena semua adalah kehendak Alloh.
5.2. Guru
mengatasi kejadian luar biasa (ada keluarga yang sakit) memotivasi, memberi
nasihat agar selalu tabah dan mendoakannya agar cepat sembuh.
5.3. .................
|
6.
|
Tanyakan kepada guru apakah ada peserta
didik di kelas yang selalu menggangu peserta
didik lain. Bila ada, bagaimana upaya untuk mencegah agar perilaku tersebut
tidak merugikan peserta didik lain.
|
6.1. Guru
mengatasi anak yang selalu mengganggu temannya dengan cara diberikan
bimbingan pribadi.
6.1. ......................
|
7.
|
Mintalah guru untuk menjelaskan
karakteristik umum kelas yang diajarnya (kelas yang rata‐rata memiliki
peserta didik yang cerdas, kreatif, rata‐rata baik dalam mata pelajaran
tertentu, dsb.).
|
7.1. Guru
menjelaskan bahwa karakteristik umum kelas yang diajarnya adalah cerdas
(dokumen pendikung data kelas)
7.2. Guru
menjelaskan bahwa karakteristik umum kelas yang diajarnya adalah kreatif
(dokumen pendikung data kelas)
7.3. Guru
menjelaskan bahwa karakteristik umum kelas yang diajarnya adalah pelajran
yang nilanya paling baik ..... (dokumen pendukung data kelas/nilai)
7.4.
....................................
|
Selama pengamatan
|
||
1
|
Amati apakah guru mengatur posisi tempat duduk peserta didik sesuai
dengan kegiatan/aktivitas pembelajaran yang dilakukan.
|
1.1.
Guru
mengatur posisi tempat duduk secara kelompok
1.2.
Guru
mengatur posisi tempat duduk secara klasikal
1.3.
Guru
menyeting pembelajaran di luar kelas
1.4.
...............
|
2.
|
Amati apakah guru hanya diam di depan kelas atau berkeliling
mensupervisi semua peserta didik.
|
2.1. Guru
berkeliling dari kelompok ke kelompok untuk membantu anak yang kesulitan
2.2. Guru
hanya berada di depan saja
2.3. guru
hanya duduk di kursi guru
2.4. ......................
|
3.
|
Amati apakah selama proses pembelajaran
guru melakukan pengecekan secara rutin dengan
bertanya kepada peserta didik tentang keterbacaan
media belajar yang digunakan (termasuk penjelasan
pada papan
tulis).
|
3.1. Guru
bertanya, “Apakah media ini dapat dibaca dari belakang?”
3.2. Guru
bertanya, “Apakah tulisan di papan tulis ini dapat dibaca dari belakang?”
3.3. siswa
bertanya bahwa tulisan tidak jelas
3.4. .............
|
4.
|
Amati apakah selama proses pembelajaran
guru melakukan pengecekan secara rutin bahwa
semua peserta didik secara aktif melaksanakan
tugas‐tugas yang diberikan.
|
4.1. Guru
berkeliling melihat peserta didik yang sedang mengerjakan tugas
4.2. Guru
mengingtkan peserta didik yang mengganggu temannya
4.3. Guru
melakukan pengecekan terhadap tugas
peserta didik
4.4. ..........................
|
5.
|
Amati apakah ada peserta didik yang
melakukan kegiatan lain di luar kegiatan yang
seharusnya dilakukan dan bagaimana guru bersikap terhadap peserta didik yang
demikian
|
5.1. semua
peserta didik aktif mengikuti pelajaran
5.2. ada
2 peserta didik yang tidak memperhatikan penjelasan guru, diingatkan
5.3. Lima
peserta didik keluar tanpa minta ijin kepada guru, dinasihati.
5.4. Seorang
peserta didik bermain HP, diingatkan
5.5. .........................
|
Setelah pengamatan
|
||
1.
|
Tanyakan kepada guru apakah ada alasan
tertentu dari penempatan peserta didik (posisi tempat duduk) di dalam kelas
(karena pendengaran atau penglihatan yang kurang jelas, karena perlu
konsentrasi, dsb.).
|
1.1.
Guru
menempatkan Erna di depan beralasan karena penglihatan/pendengaran (ada
dokumen pendukung, data kepribadian)
1.2.
Guru
menempatkan Diki di depan karena ia perlu konsentrasi (ada dokumen pendukung,
data kepribadian)
|
2.
|
Mintalah guru menjelaskan persepsinya
tentang hasil pembelajaran peserta didik (apakah sukses, apakah ada anak yang
tidak berpartisipasi, dsb.).
|
2.1. Guru
menjelaskan bahwa pembelajaran sukses (data nilai)
2.2. Guru
menjelaskan bahwa seluruh peserta didik berpartisipasi
|
Pemantauan
|
||
Periksa pada awal dan pertengahan
semester apakah guru membuat catatan tentang kemajuan dan perkembangan
peserta didik
|
Guru membuat catatan tentang kemajuan
dan perkembangan peserta didik lengkap (dokumen kemajuan dan perkembangan
peserta didik)
|
0 komentar:
Posting Komentar