Jumat, 13 Januari 2012

Melatih Metrampilan Menulis Evidence

Melatih
Ketrampilan Menulis Evidence
Abu Kohir, S.Pd., M.MPd
Dengan diterbitkannnya Permenneg PAN & RB No. 16 Tahun 2009 disambut beragam oleh praktisi pendidikan. Ada sebagian yang optimis, yang penting laksanakan dulu. Sebagian yang lain masih ragu untuk melaksanakan karena kurang jelas bagaimana melaksanakannya. Begitulah tanggapan peserta on servis pada kegiatan KKKS bermutu yang dinarasumberi oleh penulis pada beberapa SDN di Kabupaten Jombang. Maklum hal baruPeserta nampak kurang terampil ketika menuliskan evidence sebelum, selama dan setelah pengamatan yang harus mereka tuangkan pada format yang telah disediakan. Berdasarkan pengakuan mereka masih belum mengerti bagaimana menerjemahkan indikator yang ada walaupun pada pedoman pelaksanaan penilaian kinerja guru, buku 2 telah disertakan petunjuk bagaimana seorang penilai harus memantau atau mengamati kegiatan yang dilakukan guru.
Berangkat dari permasalahn ini maka menurut penulis perlu kiranya  dilakukan oleh guru, kepala sekolah dan juga termasuk pengawas sekolah berlatih bagaimana meningkatkan ketrampilan menulis evidence sebagaimana tuntutan dari PK Guru bahwa penilaian ini adalah suatu sistem penilaian kinerja yang berbasis bukti (evidencebased appraisal)
Dengan difasilitasi oleh Ketua KKPS penulis dan pengawas sekolah yang lain mencoba mengembangkan ketrampilan menulis evidence. Adapun pengembangan ketrampilan tersebut beranjak dari petunjuk yang telah dibuat dalam buku 2. Berdasarkan petunjuk itu tim mencoba menaksirkan evidence apa yang diperkirakan muncul. Evidence-evidence tersebut tentu saja hanya sekedar perkiraan yang tidak mesti muncul pada pengamatan sesungguhnya. Namun demikian,  penulis yakin bahwa dengan contoh evidence calon penilai akan memiliki gambaran seperti apa evidence yang akan muncul pada pengamatan sebenarnya di masing-masing kompetensi (14 kompeten untuk guru kelas/mata pelajaran dan 17 kompetensi untuk guru BP).

Kompetensi 1 : Mengenal karakteristik peserta didik
Jenis dan cara menilai : Kompetensi Pedagogik (Pengamatan dan Pemantauan)
Pernyataan : Guru mencatat dan menggunakan informasi tentang karakteristik peserta didik untuk membantu proses pembelajaran. Karakteristik ini terkait dengan aspek fisik intelektual, sosial emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.
Indikator
1.    Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
2.   Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
3.   Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
4.   Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
5.    Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
6.   Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok‐olok, minder, dsb).

Proses Penilaian
Sebelum pengamatan
No
Petunjuk pengamatan
Evidence yang ditafsirkan akan muncul
1.
Mintalah daftar nama peserta didik.
1.1    Pilihlah 4 (empat) nama peserta didik secara random. Tanyakan bagaimana kemampuan belajar keempat peserta didik tersebut. Mintalah bukti hasil ulangan terakhir keempat peserta didik tersebut.

1.1.1. Guru hafal kemampuan belajar dari keempat peserta didik
1.1.2. Guru memiliki data ulangan peserta didik lengkap dari seluruh peserta didik
1.1.3. Guru memiliki catatan kepribadian peserta didik (prestasi)




1.2     Pilihlah 4 (empat) nama peserta didik lain. Tanyakan bagaimana karakteristik keempat peserta didik tersebut (aktif, pendiam, pemalu, ceria, dsb.).
1.2.1. guru memiliki data peserta didik yang aktif, pendiam, pemalu, ceria, dsb)
1.2.2. Guru mengenal peserta didik yang aktif, pendiam, pemalu, ceria, dsb).
1.2.3. Guru hanya mengenal peserta didik yang aktif saja
1.2.4.

2.
Mintalah guru untuk memilih satu nama peserta didik dengan karakteristik teretntu (misalnya aspek intelektual). Tanyakan bagaimana cara membantu mengembangkan potensinya tersebut.
2.1.   guru memilih satu nama peserta didik, nama X
2.2.         Guru membantu X  yang memiliki kelemahan belajar dengan cara bimbingan individu
3.
Mintalah guru memilih satu nama peserta didik dengan kekurangan tertentu (misalnya aspek sosial). Tanyakan bagaimana cara membantu peserta didik tersebut untuk mengatasi kelemahannya
3.1.   Guru membantu peserta didik yang terisolir dengan cara pribadi (BP)
3.2.   Guru membantu peserta didik yang ... dengan cara ...
3.3.   Guru melakukan bimbingan pribadi untuk membantu mengatasi peserta didik yang memiliki kelainan hiperaktif

4.
Tanyakan kepada guru, apakah di kelas ada peserta didik yang mempunyai kelainan fisik tertentu. Bila ada, bagaimana cara memastikan bahwa peserta didik tersebut dapat belajar dengan baik.
4.1.   Guru menempatkan di depan dan lebih banyak memberikan bantuan secara tertulis terhadap anak yang memiliki kelainan pendengaran kurang.
4.1.   Guru menempatkan di depan terhadap anak yang memiliki kelainan penglihatan kurang (rabun jauh).
4.2.   4.3. ..........yang pendek .......... 
5.
Tanyakan kepada guru, apakah baru‐baru ini ada kejadian luar biasa dalam keluarga peserta didik
(kelahiran, kematian, sedang ada yang sakit, dsb.). Tanyakan apakah hal tersebut berdampak terhadap pembelajaran peserta didik yang bersangkutan, dan bagaimana mengatasinya.
5.1.   Guru mengatasi kejadian luar biasa (ada keluarga kematian) memotivasi, memberi nasihat agar selalu tabah karena semua adalah kehendak Alloh.
5.2.   Guru mengatasi kejadian luar biasa (ada keluarga yang sakit) memotivasi, memberi nasihat agar selalu tabah dan mendoakannya agar cepat sembuh.
5.3. .................
6.
Tanyakan kepada guru apakah ada peserta didik di kelas yang selalu menggangu peserta didik lain. Bila ada, bagaimana upaya untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lain.
6.1.   Guru mengatasi anak yang selalu mengganggu temannya dengan cara diberikan bimbingan pribadi.
6.1.   ......................
7.
Mintalah guru untuk menjelaskan karakteristik umum kelas yang diajarnya (kelas yang rata‐rata memiliki peserta didik yang cerdas, kreatif, rata‐rata baik dalam mata pelajaran tertentu, dsb.).
7.1.   Guru menjelaskan bahwa karakteristik umum kelas yang diajarnya adalah cerdas (dokumen pendikung data kelas)
7.2.   Guru menjelaskan bahwa karakteristik umum kelas yang diajarnya adalah kreatif (dokumen pendikung data kelas)
7.3.   Guru menjelaskan bahwa karakteristik umum kelas yang diajarnya adalah pelajran yang nilanya paling baik ..... (dokumen pendukung data kelas/nilai)
7.4. ....................................

Selama pengamatan

1
Amati apakah guru mengatur posisi tempat duduk peserta didik sesuai dengan kegiatan/aktivitas pembelajaran yang dilakukan.
1.1.  Guru mengatur posisi tempat duduk secara kelompok
1.2.  Guru mengatur posisi tempat duduk secara klasikal
1.3.  Guru menyeting pembelajaran di luar kelas
1.4.  ...............
2.
Amati apakah guru hanya diam di depan kelas atau berkeliling mensupervisi semua peserta didik.
2.1.   Guru berkeliling dari kelompok ke kelompok untuk membantu anak yang kesulitan
2.2.   Guru hanya berada di depan saja
2.3.   guru hanya duduk di kursi guru
2.4. ......................

3.
Amati apakah selama proses pembelajaran guru melakukan pengecekan secara rutin dengan bertanya kepada peserta didik tentang keterbacaan media belajar yang digunakan (termasuk penjelasan pada papan
tulis).
3.1.   Guru bertanya, “Apakah media ini dapat dibaca dari belakang?”
3.2.   Guru bertanya, “Apakah tulisan di papan tulis ini dapat dibaca dari belakang?”
3.3.   siswa bertanya bahwa tulisan tidak jelas
3.4.   .............
4.
Amati apakah selama proses pembelajaran guru melakukan pengecekan secara rutin bahwa semua peserta didik secara aktif melaksanakan tugas‐tugas yang diberikan.
4.1.   Guru berkeliling melihat peserta didik yang sedang mengerjakan tugas
4.2.   Guru mengingtkan peserta didik yang mengganggu temannya
4.3.   Guru melakukan pengecekan terhadap  tugas peserta didik
4.4.    ..........................


5.
Amati apakah ada peserta didik yang melakukan kegiatan lain di luar kegiatan yang seharusnya dilakukan dan bagaimana guru bersikap terhadap peserta didik yang demikian
5.1.   semua peserta didik aktif mengikuti pelajaran
5.2.   ada 2 peserta didik yang tidak memperhatikan penjelasan guru, diingatkan
5.3.   Lima peserta didik keluar tanpa minta ijin kepada guru, dinasihati.
5.4.   Seorang peserta didik bermain HP, diingatkan
5.5.   .........................

Setelah pengamatan

1.
Tanyakan kepada guru apakah ada alasan tertentu dari penempatan peserta didik (posisi tempat duduk) di dalam kelas (karena pendengaran atau penglihatan yang kurang jelas, karena perlu konsentrasi, dsb.).
1.1.  Guru menempatkan Erna di depan beralasan karena penglihatan/pendengaran (ada dokumen pendukung, data kepribadian)
1.2.  Guru menempatkan Diki di depan karena ia perlu konsentrasi (ada dokumen pendukung, data kepribadian)

2.
Mintalah guru menjelaskan persepsinya tentang hasil pembelajaran peserta didik (apakah sukses, apakah ada anak yang tidak berpartisipasi, dsb.).
2.1.   Guru menjelaskan bahwa pembelajaran sukses (data nilai)
2.2.   Guru menjelaskan bahwa seluruh peserta didik berpartisipasi


Pemantauan


Periksa pada awal dan pertengahan semester apakah guru membuat catatan tentang kemajuan dan perkembangan peserta didik
Guru membuat catatan tentang kemajuan dan perkembangan peserta didik lengkap (dokumen kemajuan dan perkembangan peserta didik)


0 komentar:

Poskan Komentar