KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI
1. BAHASA INDONESIA SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks
sederhana, laporan, pengumumsn, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna
kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng,
cerita anak, dan drama anak.
|
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa
dapat:
• menjawab pertanyaan dengan kata tanya
(apa, siapa, bagaimana, atau mengapa)
• membuat
kalimat tanya sesuai dengan isi
salah satu paragraf
• menentukan
ide pokok salah satu paragraf
• menentukan
kalimat yang sesuai dengan salah
satu paragraf.
|
Disajikan gambar kemasan obat yang
terdapat
petunjuk pemakaiannya,
siswa dapat menjelaskan penggunaan
obat sesuai dengan tingkatan umur.
|
||
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang
diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
|
||
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa
dapat
menentukan
kalimat saran dengan tepat.
|
||
Disajikan cuplikan
pengumuman, siswa dapat
menentukan
isinya.
|
||
Disajikan teks drama, siswa dapat:
• menentukan
tokoh utama
• menentukan
latar
• menentukan
amanatnya.
|
||
Disajikan paragraf yang terdiri atas
4 kalimat, siswa
dapat menentukan
kalimat utamanya.
|
||
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan
isinya.
|
||
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:
• menentukan
makna yang terkait di dalamnya
• mengartikan
salah satu kata sulit dalam
kalimat.
• Menentukan
antonim salah satu kata yang
terdapat di dalam paragraf.
|
||
Siswa dapat menentukan
peribahasa sesuai ilustrasi
yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan
ungkapan sesuai ilustrasi
yang disajikan.
|
||
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang
terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan
persamaannya
|
||
Disajikan jadwal perjalanan beberapa nama kereta api
berbagai jurusan, siswa dapat:
• membuat pernyataan sesuai isi jadwal
• menentukan kereta tertentu yang
berangkat/datang lebih cepat/lambat
sesusi isi jadwal
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud
yang terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan cuplikan
cerita anak, siswa dapat
menyimpulkan
isinya.
|
||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
• menentukan
isinya
• memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
|
||
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa
dapat
menentukan
topiknya.
|
||
Disajikan teks
satu paragraf, siswa dapat:
• menentukan
ringkasannya
• menentukan
temanya
• menentukan
pesan yang terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
• menentukan
parafrase yang tepat
• menentukan makna kata
pada puisi yang disajikan.
|
||
2.
|
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
dalam bentuk karangan sederhana,
petunjuk pemakaian, surat, pengumuman,
dialog, formulir, teks pidato,
laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis
berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan
pantun
|
Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang
diacak,
siswa dapat mengurutkan
sehingga menjadi sebuah petunjuk
yang runtut.
|
• Disajikan empat
kalimat yang disusun secara acak,
siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.
• Disajikan dua
kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang
tepat.
• Disajikan
kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi dengan kata gabung yang tepat.
|
||
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum
lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
|
||
Siswa dapat menentukan
tanda baca pada kalimat surat
yang disajikan.
|
||
Disajikan cuplikan pengumuman yang
belum lengkap,
siswa dapat melengkapi
dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang tepat.
|
||
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang
belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan formulir
dan data isian, siswa dapat
melengkapi
formulir
sesuai dengan data yang disajikan.
|
||
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa
dapat:
• melengkapi
dengan kalimat yang tepat
• memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
|
||
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata
yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya
dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
|
||
Disajikan cuplikan
laporan, siswa dapat membetulkan
ejaan yang salah.
|
||
Disajikan data, siswa dapat menentukan kalimat
laporan sesuai data.
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap di
bagian isi, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun
sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.
|
||
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi
dengan kalimat
yang tepat.
|
0 komentar:
Posting Komentar