KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. KISI-KISI
UJIAN NASIONAL SD/MI
2. MATEMATIKA SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami konsep
dan operasi
hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan
hasil operasi hitung campuran
bilangan cacah.
|
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan
dengan operasi hitung campuran bilangan cacah.
|
||
Siswa dapat menentukan
hasil operasi hitung campuran
bilangan bulat.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan
dengan penjumlahan dan
pengurangan pecahan.
|
||
Siswa dapat menentukan
hasil operasi hitung perkalian
dan pembagian berbagai
bentuk pecahan.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan skala atau perbandingan lainnya.
|
||
Siswa dapat menentukan
urutan berbagai bentuk
pecahan
dari besar ke kecil atau sebaliknya.
|
||
Disajikan dua buah bilangan, siswa dapat menentukan
KPK atau FPB dalam bentuk faktorisasinya.
|
||
Disajikan tiga buah bilangan dua angka, siswa dapat
menentukan FPB
atau KPK-nya.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan
dengan KPK.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan
dengan FPB.
|
||
Siswa dapat menentukan
hasil operasi hitung penjumlahan
atau pengurangan bilangan pangkat dua.
|
||
Siswa dapat menentukan
hasil penarikan akar pangkat
tiga dari suatu bilangan pangkat tiga.
|
||
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penarikan akar pangkat tiga.
|
||
2.
|
Memahami konsep
ukuran dan
pengukuran berat, panjang, luas dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan
hasil penjumlahan dan
pengurangan ukuran waktu dengan satuan yang berbeda
atau ukuran panjang satuan panjang yang berbeda yang disajikan dalam soal cerita sederhana.
|
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan yang berkaitan
dengan satuan debit atau satuan volum.
|
||
Siswa dapat menentukan
penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan ukuran berat atau satuan luas.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
|
||
3.
|
Memahami konsep,
sifat dan unsur-
unsur bangun geometri dapat menghitung
besar-besaran yang terkait dengan bangun geometri
(2D/3D) memahami konsep transformasi bangun datar, serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan
bentuk bangun datar dari
beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau
sebaliknya.
|
Siswa dapat menentukan
hasil pencerminan dari gambar
suatu bangun datar yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan
unsur-unsur yang ada pada
bangun ruang yang
disajikan (titik sudut, sisi,
atau rusuk).
|
||
Siswa dapat menentukan
satu pasang bangun yang sama
dan sebangun dari beberapa gambar
yang disajikan.
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Siswa dapat menentukan
jaring-jaring suatu bangun
ruang.
|
||
Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang
ditentukan siswa dapat menghitung luasnya.
|
||
Siswa dapat menentukan
luas gabungan atau irisan dari
dua bangun datar sederhana.
|
||
Siswa dapat menentukan
luas bagian lingkaran (misal
setengah lingkaran).
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan
dengan volum kubus atau balok.
|
||
Siswa dapat menentukan
volume prisma segitiga dari
suatu gambar yang
ukurannya diketahui.
|
||
Siswa dapat menentukan
volume tabung dari suatu
gambar tabung yang ukurannya diketahui.
|
||
4.
|
Memahami konsep
koordinat untuk
menentukan
letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa
dapat menentukan koordinat
salah satu titik.
|
5.
|
Memahami konsep
pengumpulan
data penyajian data dengan tabel dan grafik mengurutkan data rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan
banyak data dari suatu gambar
diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah selisih, dll).
|
Siswa dapat menentukan
banyak data pada diagram
lingkaran yang disajikan (data dari persentase
atau besar sudut tertentu).
|
||
Siswa dapat menentukan
diagram batang dari data yang
disajikan dalam
bentuk tabel.
|
||
Siswa dapat menentukan
salah satu unsur dari data yang
disajikan dalam
bentuk diagram batang atau
lingkaran.
|
||
Siswa dapat menentukan
nilai rata-rata dari sekumpulan
data (rentang banyak data 6 – 10 data).
|
||
Siswa dapat menentukan
nilai rata-rata dari data
berbentuk tabel
(banyak data kurang dari 20
data).
|
||
Siswa dapat menghitung
nilai rata-rata dari sajian data
berbentuk diagram
batang.
|
||
Siswa dapat menentukan
nilai median dari sekumpulan
data tunggal yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan
nilai modus dari data yang
disajikan dalam
bentuk soal cerita.
|
||
Siswa dapat menentukan
nilai tertinggi atau terendah dari
data yang disajikan.
|
0 komentar:
Posting Komentar